Artikel Ilmiah Aksara Lampung

Topik   : Pelestarian Aksara Lampung
Tema   : Bagaimanakah cara melestarikan Aksara Lampung
Judul   : Pengenalan dan pelestarian Aksara Lampung pada masyarakat Lampung

Suku Lampung adalah salah satu suku bangsa yang mempunyai aksara yang digunakan sebagai bahasa tulis masyarakat lampung. Aksara itu adalah Aksara Lampung. Aksara Lampung atau yang dikenal dengan nama Had Lampung adalah bentuk tulisan yang memiliki hubungan dengan aksara Pallawa dari India Selatan. Bermacam tulisannya fonetik jenis suku kata yang merupakan huruf hidup seperti dalam Huruf Arab dengan menggunakan tanda fathah di baris atas dan tanda kasrah di baris bawah tapi tidak menggunakan tanda dammah di baris depan melainkan menggunakan tanda di belakang, masing-masing tanda memiliki nama tersendiri.
Artinya Had Lampung dipengaruhi dua unsur, unsur Aksara Pallawa dan unsur Huruf Arab. Had Lampung memiliki bentuk kekerabatan dengan aksara Rencong, Aksara Rejang Bengkulu dan Aksara Bugis. Had Lampung ini terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambing, angka juga tanda baca. Had Lampung disebut dengan istilah KaGaNga ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan. Had Lampung terdiri dari huruf induk yang berjumlah 20 buah, yakni: ka–ga–nga–pa–ba–ma–ta–da–na–ca–ja–nya–ya–a –la–ra–sa–wa–ha–gha.
Aksara Lampung sudah mengalami perkembangan atau perubahan. Sebelumnya Had Lampung kuno jauh lebih kompleks. Sehingga dilakukan penyempurnaan hingga yang dikenal sekarang. Huruf atau Had Lampung yang diajarkan di sekolah sekarang adalah hasil dari penyempurnaan Aksara Lampung tersebut.
Beberapa urutan dasar Aksara Lampung banyak dikenal masyarakat karena pada dasarnya mudah untuk di ingat. Berikut ini merupakan urutan dasar huruf atau Aksara Lampung yang sering di dengar.

1.      Huruf Induk
Aksara Lampung disebut dengan istilah ka-ga-nga, ditulis lalu dibaca dari kiri ke kanan. Jumlah hufur induk pada kaganga berjumlah 20 buah. Bentuk, nama, dan urutan huruf induk dikemukakan pada Tabel dibawah ini.
Berikut ini adalah kelabai sughat lampung :
2.      Anak Huruf 
Anak huruf ka-ga-nga berjumlah 12 buah:
Nama masing-masing anak huruf adalah sebagai berikut:

- Anak huruf terletak diatas huruf
a. ulan
b. bicek
c. tekelubang : ang
d. rejenjung : ar
e. datas : an
- Anak huruf terletak dibawah huruf
a. bitan : dan
b. tekelungau : au
- Anak huruf terletak di kanan huruf
a. tekelingai : ai
b. keleniah : ah
c. nengen : tanda huruf mati

Aksara Lampung harus kita kenalkan ke anak-anak usia dini, agar mereka mengerti bahwa nenek moyang mereka menggunakan Aksara Lampung sebagai bahasa tulis sebelum aksara latin (ABCD, dst) masuk ke Indonesia. Di sekolah memang mempelajari Aksara Lampung tapi hanya sebagai mata pelajaran tambahan saja, sehingga masih banyak siswa/i yang kurang memahami Aksara Lampung.
Aksara Lampung merupakan warisan budaya lampung yang perlu kita lestarikan. Salah satu cara melestarikannya yaitu melalui teknologi. Perkembangan teknologi semakin canggih, sehingga kita dapat dengan mudah menggunakan teknologi untuk melestarikan Aksara Lampung.

Cara yang efektif untuk melestarikan Aksara Lampung agar tidak punah adalah membuat aplikasi berbasis desktop, android dan ios yang di tujukan untuk semua kalangan. Isi aplikasi tersebut harus lengkap mulai dari pengenalan Aksara Lampung, sejarah, aksara , tanda baca, dan cara penulisan aksara. Tampilan juga harus menarik agar anak-anak tertarik untuk membuka aplikasi tersebut dan mempelajarinya. Aplikasi harus memiliki suara untuk cara membaca aksara untuk mempermudah mempelajari Aksara Lampung dan mengingatnya. Semoga dengan di ciptakannya aplikasi pengenalan Aksara Lampung  ini dapat membantu melestarikan Aksara Lampung dan mengenalkan pada daerah lain.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Artikel Ilmiah Aksara Lampung"

Post a Comment