Definisi, Sejarah, Fungsi dan Manfaat Internet


Pengertian Internet

Interconnection-networking atau yang sering disebut dengan Internet adalah suatu sistem jaringan komputer yang saling terhubung dan menghubungkan tiap-tiap komputer secara global di seluruh dunia. Koneksi yang menghubungkan masing-masing komputer memiliki standar yang digunakan dan disebut Internet Protocol Suite dapat disingkat TCP/IP. Komputer yang sudah terhubung internet akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran data dengan sangat cepat. Internet dapat diartikan juga sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan bahkan lebih jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya satelit, telepon dan lain-lain.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang sebelumnya dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969, melalui sebuah proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET. ARPANET kepanjangan dari Advanced Research Project Agency Network, di mana mereka akan mendemonstrasikan bagaimana cara suatu hardware dan software komputer yang memiliki basis UNIX dapat melakukan suatu komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk dari suatu jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi tersebut dapat dipindahkan dan akhirnya semua standar yang telah mereka tentukan sekarang menjadi sebuah cikal bakal pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal proyek tersebut dibangun untuk keperluan militer. Pada saat itu ARPANET dibuat sebagai suatu sistem jaringan komputer yang dapat tersebar dengan menghubungkan komputer yang berada pada daerah-daerah vital untuk mengatasi berbagai masalah apabila terjadi berbagai serangan seperti serangan nuklir serta untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, apabila terjadi suatu perang pada daerah tersebut dapat mudah untuk dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 situs saja, di mana mereka membentuk satu jaringan yang terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET telah diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ARPANET tersebut berkembang sangat pesat di seluruh daerah, dan semua universitas ingin bergabung dengan ARPANET, sehingga membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Oleh sebab itu, ARPANET kemudian pecah manjadi dua, yaitu "MILNET" yang digunakan sebagai keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil yang digunakan sebagai keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya mulai dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian telah disederhanakan menjadi Internet.

Pada saat ini internet dijaga oleh sebuah perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang suatu perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol tersebut dibentuk berdasarkan perbincangan dengan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan sebuah dokumen yang dikenali sebagai RFC atau Request for Comments. Sebagian dari data RFC tersebut dijadikan sebagai Standar Internet, oleh Badan Arsitektur Internet. Protokol-protokol Internet yang saat ini sering digunakan seperti, IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, Telnet, FTP, LDAP, SSL, dan lain-lain.

Fungsi Internet

Internet berfungsi sebagai berikut:
1. Sebagai Media Informasi
Internet merupakan suatu media penyimpan informasi dan sebagai fasilitas mesin pencari untuk membantu memudahkan pencarian informasi.
2. Sebagai Alat Komunikasi
Internet mendukung kegiatan komunikasi interpersonal maupun komunikasi massa.
3. Sebagai Sarana Pendukung Pendidikan 
Internet membantu untuk memperoleh buku secara online maupun offline serta halaman-halaman web yang berguna dalam pencarian informasi seputar pendidikan.
4. Sebagai Sarana Jual Beli
Internet menjadi tempat jual-beli yang dilakukan secara online, juga mendukung kegiatan e-commerce dan e-banking.
5. Sebagai Sarana Hiburan 
Internet menjadi tempat mencari data yang bersifat menghibur dan dapat sebagai sarana penyaluran ide-ide kreatif.

Manfaat Internet

Manfaat mengakses internet sebagai berikut: 
1. Komunikasi Cepat
Perkembangan internet membuat komunikasi antar individu atau kelompok semakin mudah dan cepat dengan biaya yang relatif murah. 
2. Menambah Pengetahuan
Adanya internet kita dapat berbagi wawasan dan pengetahuan di seluruh dunia. Manfaat ini sangat memudahkan pelajar dalam mencari informasi mengenai pelajaran.
3. Wahana Hiburan 
Internet dapat mengisi waktu kosong anda dengan cara menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, musik dan bermain game online
4. Belanja Online
Adanya internet dapat digunakan untuk belanja yang dikenal dengan belanja online. Belanja online memudahankan kita untuk mencari barang-barang tanpa harus keluar rumah
5. Bisnis Internet 
Pada saat ini, banyak kalangan yang mengetahui manfaat dari internet yaitu bisnis. Banyak orang yang berbisnis online dengan keuntungan yang sangat melimpah

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Definisi, Sejarah, Fungsi dan Manfaat Internet"

Post a Comment