Pengertian Kalimat Efektif

Pada saat berbahasa, kita menggunakan kata-kata yang terangkai sesuai dengan kaidah yang berlaku sehingga dapat mengungkapkan perasaan, gagasan atau pikiran yang ada dalam benak kita. Rangkaian kata tersebut yang sering disebut dengan kalimat. 

Dalam menyusun sebuah kalimat haruslah memperhatikan kaidah yang sudah ditentukan agar kalimat yang dibuat dan diucapkan tidak terjadi kesalahan. Baik kesalahan gramatikal maupun kesalahan leksikal. Kaidah kaidah dalam penyusunan kalimat tersebut ialah: 

  1. Unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat.
  2. Aturan-aturan tentang Ejaan Yang Disempurnakan.
  3. Cara memilih kata dalam kalimat (diksi).

Kalimat yang dapat mencapai sasarannya secara baik disebut dengan kalimat efektif. 

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat. 

Kalau gagasan yang disampaikan sudah tepat, pendengar/pembaca dapat memaharni pikiran tersebut dengan mudah, jelas dan lengkap seperti apa yang dimaksud oleh penulis atau pembicaranya. Akan tetapi, kadang kadang harapan itu tidak tercapai karena ada sebagian lawan bicara atau pembaca tidak memahami apa maksud yang diucapkan atau yang dituliskan.

Supaya kalimat yang dibuat dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat, unsur kalimat-kalimat yang digunakan harus lengkap dan eksplisit. Artinya, unsur-unsur kalimat seharusnya ada yang tidak boleh dihilangkan. 

Sebaliknva, unsur-unsur yang seharusnva tidak ada tidak perlu dimunculkan. Kelengkapan dan keeksplisitan semacam itu dapat diukur berdasarkan keperluan komunikasi dan kesesuaiannya dengan kaidah (Mustakim, 1994:86).

Dalam karangan ilmiah sering kita jumpai kalimat-kalimat yang tidak memenuhi syarat sebagai bahasa ilmiah. Hal ini disebabkan oleh, antara lain, mungkin kalimat-kalimat yang dituliskan kabur, kacau, tidak logis, atau bertele-tele. 

Dengan adanya kenyataan itu, pembaca sukar mengerti maksud kalimat yang kita sampaikan karena kalimat tersebut tidak efektif.

Orang akan memahami kalimat yang diucapkan secara jelas, tepat dan penyusunannya sudah mengikuti kaidah. Itulah yang disebut dengan kalimat efektif. Kalimat efektif merupakan suatu jenis kalimat yang dapat memberikan efek tertentu dalam komunikasi. Efek yang dimaksudkan dalam hal ini adalah kejelasan informasi.

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami secara tepat pula. Dapat diartikan pula bahwa kalimat efektif ialah kalimat yang baik, yakni apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh pembaca (penulis dalam bahasa tulis) dapat diterima dan dipahami oleh pendengar (pembaca dalam bahasa tulis) sama benar dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh penutur atau penulis. 

Bandudu (1989:36) berpendapat bahwa sebuah kalimat dapat efektif apabila mencapai sasaran dengan baik sebagai alat komunikasi. Selanjutnya, Parera (1984:42) menjelaskan bahwa kalimat efektif adalah bentuk kalimat yang secara sadar, disengaja dan disusun untuk mencapai intonasi yang tepat dan baik seperti yang ada dalam pikiran pembaca atau penulis.

Suatu kalimat dikatakan efektif apabila memenuhi syarat dan pola-pola untuk membentuknya, sebagaimana dikemukakan Putrayasa (2007:66) bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan informasi secara sempurna karena memenuhi syarat-syarat pembentuk kalimat efektif tersebut.

Secara garis besar, ada dua syarat kalimat efektif yaitu (1) pemilihan kata (diksi) dan penggunaan ejaan, (2) memiliki struktur dan ciri kalimat yang efektif. Keraf (1984:36) berpendapat, kalimat efektif tidak hanya sanggup memenuhi kaidah-kaidahatau pola sintaksis, tetapi juga harus mencakup beberapa aspek lainnya yang mendukungnya. Hal ini ditandai oleh (1) penulisan secara aktif sejumlah kosakata dan istilah, (2) penguasaan kaidah-kaidah sintaksis yang aktif dan produktif, (3) kemampuan mencantumkan gaya yang paling sesuai untuk menyampaikan gagasan dan (4) tingkat penalaran (logika) yang dimiliki seseorang.  

Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang memiliki kekuatan atau kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca. Jadi, kalimat efektif selalu menonjolkan gagasan pokok dengan menggunakan penekanan agar dapat diterima oleh pembaca.


Sumber: Buku “Membina, Memelihara dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar” Edi Suyanto Penerbit Ardana Media - Yogyakarta

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Pengertian Kalimat Efektif "

Post a Comment