Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi

Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi - Sosiologi memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu lainnya dalam mempelajari objek kajian tertentu. Ada 11 cabang dalam ilmu Sosiologi, berikut cabang-cabang ilmu sosiologi beserta penjelasannya:
Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi
Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi

1. Sosiologi Agama

Sosiologi agama mempelajari hubungan fenomena dalam masyarakat dengan agama. Dalam Sosiologi agama dipelajari beberapa materi yang meliputi perilaku manusia yang berhubungan dengan keyakinannya, peranan agama sebagai pranata sosial, peranan agama dalam perubahan masyarakat, dan peranan agama sebagai agen pengendalian sosial.

2. Sosiologi Pendidikan

Sosiologi pendidikan merupakan cabang ilmu Sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan. Sosiologi pendidikan mencoba mengkaji hubungan antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan pendidikan. Materi yang dikaji antara lain peranan lembaga pendidikan dalam proses sosialisasi, peranan pendidikan dalam perubahan masyarakat dan lingkungan pendidikan itu sendiri, serta peranan pendidikan sebagai pranata sosial.

3. Sosiologi Hukum

Sosiologi hukum mempelajari kaitan antara fenomena dalam masyarakat dan hukum. Materi yang dipelajari antara lain perilaku masyarakat dalam hubungannya dengan hukum yang berlaku, peranan hukum dalam masyarakat, dan lembaga-lembaga yang berkaitan dengan hukum yang berlaku dalam masyarakat.

4. Sosiologi Keluarga

Sosiologi keluarga membahas kegiatan atau interaksi antara fenomena yang terjadi dalam masyarakat dengan keluarga. Materi yang dipelajari dalam Sosiologi keluarga antara lain peranan keluarga dalam masyarakat, peranan keluarga dalam perubahan sosial, dan beberapa bentuk keluarga.

5. Sosiologi Politik

Sosiologi politik mempelajari fenomena politik dengan mengaitkan variabel sosial dan politik dalam wujud saling keterkaitan antara struktur sosial dan lembaga politik atau antara masyarakat dan negara. Ruang lingkup kajian Sosiologi politik antara lain perilaku politik, lembaga politik, dan peranan politik dalam masyarakat.

6. Sosiologi Perdesaan

Sosiologi perdesaan mempelajari masyarakat desa dan segala pola interaksi yang dilakukannya sesuai lingkungan tempat tinggalnya. Materi yang dipelajari dalam Sosiologi perdesaan antara lain mata pencaharian hidup, pola hubungan, pola pemikiran, serta sikap dan sifat masyarakat perdesaan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Sosiologi Perkotaan

Sosioiogi perkotaan mempelajari masyarakat perkotaan dan segala pola interaksi yang dilakukan sesuai lingkungan tempat tinggalnya. Materi yang dipelajari antara lain mata pencaharian hidup, pola hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, dan pola pikir dalam menyikapi suatu permasalahan.

8. Sosiologi Kesehatan

Sosiologi kesehatan bertujuan mengkaji cara penerapan berbagai teori Sosiologi dalam menganalisis masalah-masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Cabang ilmu Sosiologi ini berusaha mengkaji perilaku sakit, perilaku sehat, peran sehat, dan peran sakit pada anggota masyarakat

9. Sosiologi Pembangunan

Sosiologi pembangunan mengkaji masyarakat dan segala pola aktivtasnya dalam pembangunan. Materi yang dipelajari dalam Sosiologi pembangunan antara lain pengaruh pembangunan dalam perubahan sosial, peranan pembangunan dalam kehidupan masyarakat, dan peranan pembangunan terhadap perekonomian masyarakat.

10. Sosiologi Industri

Pada hakikatnya Sosiologi industri lebih menekankan pada perkembangan industri seiring perkembangan masyarakat antara industri dan masyarakat mempunyai hubungan erat karena Industri dapat menimbulkan berbagai perubahan social dalam masyarakat. Sebagai contoh, industri menyebabkan mata pencaharian masyarakat berubah dari sector agraris (petani) menjadi sektor industry (buruh pabrik). Industri juga menyebabkan kerusakan pada lingkungan hidup.

11. Sosiologi Pariwisata

Pariwisata merupakan fenomena kemasyarakatan yang menyangkut manusia, masyarakat, kelompok, organisasi, dan kebudayaan. Sosiologi pariwisata juga dapat diartikan cabang keahlian yang memusatkan perhatian kepada motivasi turistik, peraturan-peraturan, hubungan, institusi, dan akibatnya pada wisatawan serta kelompok-kelompok yang berkaitan dengan wisatawan tersebut.

Ilmu Sosiologi membantu membuat perencanaan social atau memecahkan masalah social yang dialami masyarakat ilmu Sosiologi berusaha memahami gejala sosial masyarakat dengan menggunakan teori-teori sosiologi yang sesuai objek kajiannya. Ilmu Sosiologi dalam memahami gelala sosial pun telah mengalami perkembangan. Kondisi tersebut terbukti dengan adanya cabang-cabang ilmu Sosiologi yang mengkhususkan atau rnenekankan kajian Sosiologi secara spesifik. Sebagai contoh, Sosiologi perdesaan merupakan cabang ilmu Sosiologi yang mengkaji pola interaksi dan sistem sosial dalam masyarakat desa

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Cabang-Cabang Ilmu Sosiologi"

Post a Comment