Cara Berpikir Kritis [ 6 STEP ]

Cara Berpikir Kritis - “Open you mind” merupakan salah satu ungkapan agar seseorang berpikir kritis terhadap dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Berpikir kritis dapat kita peroleh melalui proses belajar. Dengan berpikir kritis kita mampu mengambil keputusan-keputusan terpenting dalam hidup kita, bahkan lingkungan sekitar. Berikut cara-cara berfikir kritis:
Berfikir Kritis
Berfikir Kritis

1. Mengenali Masalah

Untuk berpikir kritis, kita perlu mengenali masalah. Masalah biasanya terjadi karena faktor-faktor psikologis, keluarga, teman, atau lingkungan sekitar. Untuk mengenali masalah, kita harus memahami diri, masalah yang di hadapi, dampak masalah bagi kita dan orang lain, serta posisi kita dalam masalah tersebut.

2. Menentukan Prioritas

Dalam kehidupan, setiap orang pasti memiliki masalah dan kebutuhan hidup. Oleh karena itu, kita hendaknya menentukan prioritas dalam hidup. Artinya, kita memiliki target-target yang ingin kita capai secara jelas dan berurutan. Jika kita ingin menjadi peserta didik berprestasi dan lulus dengan baik, lakukan upaya tepat sesuai prioritas tersebut.

3. Mengumpulkan Informasi

Jangan pernah membatasi pengetahuan. Perluaslah pengetahuan dengan menggali informasi lebih dalam dan banyak. Untuk memperoleh banyak informasi kita dapat menjalin hubungan sosial dengan individu/kelompok lain, membaca berbagai buku/jurnal/artikel, dan melakukan studi lapangan. Informasi-informasi tersebut akan membantu kita dalam menganalisis masalah dan mengambil keputusan yang tepat  berdasarkan hasil analisis fakta-fakta yang ada.

4. Mengenali Persepsi yang Muncul

Setiap orang memiliki persepsi berbeda mengenai gejala sosial tertentu. Oleh karena itu, jangan langsung menerima informasi tersebut sebagai kebenaran. Hendaknya menganalisis informasi tersebut terlebih dahulu menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebagai bahan pertimbangan. Dengan demikian, kita dapat berpikir jernih dan rasional.

5. Menganalisis Data

Untuk membiasakan diri berpikir kritis, Anda perlu mengaitkan segala informasi yang Anda terima dengan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan diperoleh melalui berbagai sumber. Sebagai contoh, data-data tentang standar kelulusan dari lembaga pendidikan menjadi acuan menentukan lulus dengan baik atau tidak.

6. Membuat Keputusan

Agar mampu berpikir kritis, kita perlu menyempurnakan tahapan-tahapan di atas dengan tahapan terakhir yaitu mampu membuat keputusan. Keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah dapat bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain.
Membiasakan diri berpikir kritis akan membuat kita memiliki ide-ide kreatif dan mengasah pemikiran out of the box. Dengan demikian, kita tidak hanya terpaku pada satu jalan keluar, tetapi memiliki banyak opsi atau pilihan penyelesaian masalah yang kita hadapi.

Terbiasa berpikir kritis juga akan mengasah cara kita berpikir secara mandiri dan reflektif. Artinya, kita dapat bertindak dan berpikir secara lebih cepat dan tepat. Itulah tadi pembahasan tentang Cara Berpikir Kritis menurut saya, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Baca Juga :

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "Cara Berpikir Kritis [ 6 STEP ]"