Jenis Teater dan Media Seni Teater/Drama

Jenis Teater

Konsep dasar teater pada awalnya merupakan persiapan yang berkenaan dengan teknik penatalaksanaan pertunjukan yang dipentaskan. Teater lebih menyerupai sanggar, sehingga pertunjukan tari, musik, atau sirkus pun dikategorikan sebagai seni teater.

Pada perkembangannya, teater menjadi lebih kompleks. Seni teater adalah bentuk seni pertunjukan yang berhubungan dengan kisah kehidupan manusia, baik langsung atau tidak langsung berhadapan dengan penonton.

Seni teater di Indonesia dikelompokkan menjadi dua macam berdasarkan keberasalannya. Teater
tradisional merupakan teater yang berasal dari kebudayaan Indonesia. Teater nontradisional merupakan teater yang bukan berasal dari kebudayaan Indonesia. Contoh beberapa teater tradisional Indonesia misalnya: wayang orang, ketoprak dan ludruk, lenong, lawak dan dagelan, dan wayang (kulit dan golek).

Wayang Orang
Wayang Orang

- Wayang orang

Wayang orang adalah bentuk kesenian tradisional yang multimedia karena seni lain dengan berbagai medianya juga menjadi bagian dari pertunjukan tersebut. Contohnya seni sastra (naskah/cerita), musik (gamelan/tembang), drama (akting dan dialog), tari (gerakan/tarian), serta rupa (properti/busana/rias). Gamelan untuk pertunjukan ditabuh oleh nayaga dan tembang dinyanyikan oleh sinden. Lakon yang dibawakan sekitar kisah Mahabarata versi Jawa (Ringgit Purwa).

- Ketoprak dan ludruk

Ketoprak mirip dengan wayang orang. Bedanya adalah lakon yang dibawakan merupakan cerita rakyat dan kisah kepahlawanan. Unsur dagelan atau humor masih ada, namun gerakan/tariannya lebih sederhana dan waktu pertuniukannya lebih singkat. Ludruk berasal dari daerah Jawa Timur. Pertunjukan ini merupakan sejenis ketoprak yang semua pemainnya pria. Ludruk diawali dengan tarian yang ditarikan sambil bernyanyi dan disebut Tari Ngremo.

- Lenong

Sandiwara berdialek Betawi. Bersifat improvisatif, bergaya lugu dan lucu, dengan nyanyian dan tarian yang diiringi musik gambang kromong.

- Lawak dan dagelan

Lawak adalah drama yang lepas dari logika cerita, akting dan adegan. Pemain lebih cenderung pada usaha membuat kelucuan. Dagelan adalah lawak versi Jawa.

- Wayang kulit dan golek

Wayang kulit dan golek adalah duplikasi dari wayang orang yang dimainkan oleh seorang dalang menggunakan wayang dari bahan kulit atau kayu (wayang golek). Rupa atau perwujudan wayang buatan ini telah didistorsikan.

Wayang kulit bentuknya pipih atau dua dimensi, dan agak janggal jika dibandingkan dengan bentuk orang yang nyata. Badan wayang menghadap kita, membelakangi sejajar kelir/layar. Maksudnya agar bayangannya lebih lebar dan jelas. Kepala, tangan, dan kaki dibuat menyamping sejajar kelir agar logis untuk adegan dialog dan tanding. Pakaian dan ornamennya dibuat dengan cara diukir dan dicat. Wayang ini ditancapkan pada batang pisang di depan kelir.

Wayang golek berbentuk tiga dimensi, terbuat dari kayu yang diukir dan dihias, dengan ditambahkan kain batik pada bagian bawah tubuh wayang. Penampilannya tidak menggunakan kelir. Kedua jenis wayang ini mempunyai tangan yang dapat bergerak-gerak.

Wayang Kulit
Wayang Kulit

 Dalang memerankan seluruh karakter dan suara dari tokoh pewayangan yang biasanya digelar dalam bahasa Jawa (wayang kulit) atau Sunda (wayang golek). Waktu pertunjukannya semalam suntuk dengan diselingi goro-goro, yaitu lawakan dari tokoh punakawan (Semar, Careng, Petruk, dan Bagong untuk wayang kulit atau Cepot dan Dawala untuk wayang golek).
 
Wayang Golek
Wayang Golek


Media Seni Teater/Drama

+ Media Dasar

Media dasar seni teater atau drama adalah Tubuh, Suara, Kata, Gerak/akting, dan Ilustrasi musik.

+ Peralatan/Properti

Peralatan Seni Teater atau Drama untuk orang yang bermain peran dalam teater hampir sama dengan seni tari. Tapi dalam teater, properti panggung untuk seting adegannya lebih kompleks. Sedangkan untuk teater modern yang lebih rumit seperti film, peralatannya dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu:

- Peralatan proses pembuatan

Kamera, film, kamera foto, lampu, alat editing, generator, peralatan laga/akting, peralatan suara, dan lain-lain.

- Peralatan properti

Peralatan properti adalah subjek dan objek visualisasi film yang meliputi hampir seluruh wujud makhluk atau benda yang ada di alam ini. Aktor pemeran dengan segala kostum dan riasnya, benda-benda pembentuk seting, dan pemandangan sekitar merupakan contoh peralatan properti.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Jenis Teater dan Media Seni Teater/Drama"

Post a Comment