Metode Membaca Efektif : SQ3R

Membaca Efektif
Membaca Efektif
Metode Membaca Efektif : SQ3R - Membaca merupakan suatu kebutuhan bagi manusia. Membaca merupakan salah satu upaya untuk memperoleh pengetahuan, informasi, atau wawasan. Realita menuntut kita untuk memiliki kemampuan membaca secara cepat, mengingat begitu banyaknya informasi yang tersedia di berbagai media cetak. Untuk dapat memahami apa yang dibaca, diperlukan metode membaca yang efektif. Banyak metode membaca efektif, salah satunya metode SQ3R atau yang sering disebut metode surtabaku. Apasih metode SQ3R itu?
Metode SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu survey, question, read, recite, dan review. Berikut penjelasan dari masing-masing proses:

1. Meninjau (Survey)

Tahapan ini berupa pengumpulan informasi untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa saja yang ditinjau? Judul untuk membantu memfokuskan topik bab, pendahuluan: memberikan orientasi mengenai hal-hal penting dalam bab, kepala judul/subbab: memberi gambaran kerangka pemikiran, dan alat bantu baca termasuk huruf miring, definisi, serta pertanyaan di akhir bab untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2. Bertanya (Question)

Setelah memperoleh kerangka pemikiran suatu bab, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul satu per satu dan ubahlah menjadi beberapa pertanyaan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas dengan lebar kolom 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk menuliskan jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca bab tentang "Virus dan Peranannya dalam Kehidupan" dan kepala judulnya adalah "Ciri-Ciri Virus". Pertanyaan yang dapat kita munculkan adalah "Apa saja ciri-ciri virus?" dan "Apa hubungan ciri-ciri virus dengan peran virus dalam kehidupan?".

3. Membaca (Read)

Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang telah dibuat pada proses survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum menyelesaikannya. Pada saat membaca, mulailah mencari jawaban pertanyaan yang telah dibuat dan tuliskan pada kolom yang lelah disiapkan.

4. Menuturkan (Recite)

Umumnya kita cepat sekali lupa dengan materi yang telah dibaca. Dengan melakukan proses recite kita bisa melatih berkonsentrasi untuk mengingat materi yang telah dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita selesai membaca suatu subbab. Recite dilakukan dengan cara melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan mencoba menjawabnya tanpa melihat buku.

5. Mengulang (Review)

Review membantu menyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab sekaligus mernbangun daya ingat terhadap materi bab tersebul. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan, atau berdiskusi dengan teman. Menjelaskan kepada orang lain merupakan cara review yang terbukti efektif.

Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R merupakan cara membaca efektif yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang materi yang dipelajari, membuat pertanyaan dari bab/subbab suatu materi, kemudian dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan. Metode SQ3R juga dikenal dengan metode surtabaku (= survei, tanya, baca, katakan, dan ulangi).

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Metode Membaca Efektif : SQ3R"

Post a Comment