Pengertian, Fungsi dan Jenis Uang [ LENGKAP ]

Pengertian, Fungsi dan Jenis Uang

Pengertian, Fungsi dan Jenis Uang Uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk melakukan pembelian barang dan jasa, barang beharga lainnya, dan pembayaran utang. 
Uang Kartal
Uang Kartal

  • Pengertian Uang

Pengertian uang menurut para ahli: R.J. Thomas mengatakan bahwa “money is to something that is readily and generally accepted by public in payment for goods, services, and other valuable assets and for the payment for debts”. Artinya, uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa, dan barang berharga lainnya, dan untuk pembayaran utang.
Sir Dennis Holme Robertson mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods”. Artinya, uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang.

Dari definisi yang dikemukakan para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa uang mempunyai ciri dapat diterima umum, dapat digunakan sebagai alat tukar, dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran.
  • Fungsi Uang

Kita tidak perlu menjadi ahli ekonomi untuk mengetahui fungsi uang dalam perekonomian. Sebagai alat untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan hidup, uang mempunyai beberapa fungsi. Fungsi-fungsi uang dapat digolongkan dalam fungsi asli dan fungsi turunan. 

Yang termasuk fungsi asli uang adalah sebagai alat tukar dan alat satuan hitung. Sedangkan fungsi turunan mencakup standar atau ukuran pembayaran yang ditunda, alat penyimpanan kekayaan, dan alat pengalih kekayaan.

A. Alat Tukar

Fungsi uang sebagai alat tukar tidak diragukan lagi. Misalnya, seorang petani membutuhkan cangkul. Dia dapat menjual hasil panen untuk mendapat uang. Uang hasil penjualan panen digunakan untuk membeli cangkul. Jadi, uang berfungsi sebagai alat tukar.

B. Alat Satuan Hitung ( Pengukur Nilai )

Sebagai satuan hitung,uang digunakan untuk menghitung harga sebuah barang. Nilai suatu barang dapat diukur dengan uang. Misalnya, harga pulpen Rp. 6.000 dan buku tulis Rp. 2.000. Ini menunjukkan bahwa nilai pulpen tiga kali nilai buku tulis.

C. Standar atau Ukuran Pembayaran yang Ditunda ( Standard of Deferred Payment )

Dalam fungsi ini, uang digunakan untuk menyatakan utang. Uang dijadikan daya beli umum yang dapat dinyatakan dengan unit-unit yang pasti dan menurut pedoman atau ukuran. Misalnya adalah akan lebih masuk akal bila kita meminjam uang Rp 5.000.000 selama 10 tahun daripada meminjam dua ekor sapi.

D. Alat Penyimpan Kekayaan

Manusia berusaha untuk tidak mengkonsumsi semua pendapatannya. Sisa pendapatan yang tidak dikonsumsi, disimpan di rumah atau di bank untuk keperluan pada masa yang datang. Dengan kata lain, manusia menyimpan uang untuk kebutuhan masa mendatang atau mengantisipasi pengeluaran yang tidak terduga sebelumnya.

E. Alat Pengalih Nilai/Kekayaan

Uang dapat berfungsi untuk mengalihkan nilai. Misalnya, Ibu Linda oleh PT *** dipromosikan untuk menduduki jabatan kepala cabang di Makassar. Sebelumnya, Ibu Linda telah memiliki rumah di Jakarta. Ibu Linda berhasrat memindahkan rumah miliknya tersebut ke Makassar. Dia menemukan jalan keluar, yaitu menjual rumah di Jakarta dan membeli rumah di Makassar. Menurutnya, tidak mungkin memindahkan fisik rumah dari Jakarta ke Makassar. Jadi, uang berfungsi sebagai alat pengalih nilai.
  • Jenis Uang

Uang dapat dibedakan atas dasar pihak yang mengeluarkan, bahan uang, negara yang mengeluarkan, dan nilai uang. Berikut ini uraian jenis uang satu per satu.

1. Jenis Uang Berdasarkan Pihak yang Mengeluarkan

Berdasarkan pihak yang mengeluarkan, uang dibedakan menjadi uang kartal dan uang giral. Uang kartal adalah uang kertas atau uang logam yang beredar di masyarakat. Uang ini dikeluarkan dan diatur peredarannya oleh pemerintah serta merupakan alat pembayaran yang sah.

Uang giral adalah alat pembayaran berupa cek, bilyet giro,dan sejenisnya. Uang giral dikeluarkan oleh bank dan digunakan sebagai alat pembayaran.

2. Jenis Uang Berdasarkan Bahan Uang

Berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuat, uang dibedakan atas uang logam dan, uang kertas. Uang logam adalah uang yang bahannya terbuat dari logam berupa emas, perak atau logam lainnya yang beredar sebagai alat pembayaran. 

Sedangkan, uang kertas adalah uang yang bahannya terbuat dari kertas serta penggunaannya diatur oleh undang-undang dan kebiasaan. Uang
tersebut beredar sebagai alat pembayaran.

3. Jenis Uang Berdasarkan Negara yang Mengeluarkan

Berdasarkan negara yang mengeluarkan, uang dibedakan atas uang dalam negeri (domestik/nasional) dan uang luar negeri:

Uang dalam negeri adalah uang yang dikeluarkan oleh negara yang bersangkutan. Rupiah adalah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah lndonesia.
Uang luar negeri adalah uang yang beredar dalam suatu negara, tetapi yang mengeluarkannya adalah negara lain. Di Indonesia banyak beredar uang negara lain, seperti Yen (Jepang), Dolar (Amerika Serikat), Ringgit (Malaysia), Peso (Filipina), Poundsterling (Inggris), dan Lira (Italia). Uang luar negeri disebut juga valuta asing.

4. Jenis Uang Berdasarkan Nilai Uang

Berdasarkan perbandingan nilai bahan dengan nilai tukar, uang dibedakan atas uang bernilai penuh dan uang tidak bernilai penuh.
 
Uang nilai penuh (full bodied money) adalah uang yang nilai bahannya (nilal intrinsiknya) sama dengan nilai nominal atau nilai penuh yang terdapat pada standar emas. Pada standar emas, nilai uang tersebut sesuai dengan bahan yang terkandung pada bahan uang. Jika uang emas itu mengandung emas, misalnya 5 gram, maka niai uang itu dalam pertukaran juga seharga emas 5 gram.

Uang tidak bernilai penuh adalah uang yang nilai bahannya (nilai intrinsiknya) lebih kecil dari pada nilai nominalnya. Umumnya uang yang tidak bernilai penuh adalah uang kertas. Uang yang kamu pegang bernilai Rp. 10.000 (Sepuluh ribu rupiah) mungkin nilai bahannya hanya Rp. 200 (dua ratus rupiah).

Baca Juga:

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

4 Responses to "Pengertian, Fungsi dan Jenis Uang [ LENGKAP ]"

  1. Nice Information.
    How to Use Two WhatsApp Accounts in One Android Phone in Telugu | Chitra Vedika
    https://goo.gl/xipHUn

    ReplyDelete
  2. MD.Shameem Mridha
    Thank you, I’ve just been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I’ve discovered till now.

    ReplyDelete
  3. WOW just what I was searching for. Came here by searching for %meta_keyword% hotmail sign in email

    ReplyDelete
  4. MD.Shameem Mridha
    Thank you, I’ve just been searching for information about this topic for a while and yours is the greatest I’ve discovered till now.

    ReplyDelete